My Google+

April 25, 2012

Makassar 16 - 21 April 2012

Surprise dari bos. Tiba-tiba diberi kesempatan untuk ke Makassar.
Buat apa? Setelah dilihat di suratnya, ternyata untuk mengikuti TOT di Bapelkes Makassar.
OMG, TOT !
TOT Manajemen Puskesmas Fokus KIA KTI, di BBPK Makassar 16-21 April 2012.


Pertama, ini adalah tugas keluar daerah pertama sejak ditempatkan di Dinkes Prov.
Kedua, belum pernah urus surat/administrasi untuk TL.
Ketiga, salah satu persyaratan adalah baju kemeja polos warna muda, dan itu cuman dua dirumah.
Keempat, belum pernah ke Bapelkes Makassar.
Kelima, kegiatannya 6 hari, sejak tanggal 16 sampai 21 April 2012.

Untung saja ternyata yang dipanggil sesuai dengan yang tercantum di surat ini ada 3 orang dari Sulut, dua dari dinas dan satu dari Bapelkes Manado. Yang satunya lagi dari dinas adalah ibu Ilse dari seksi yandas.
Surat tugas dan SPPD beres, walaupun sampai tiga kali ganti, wew ...
Biodata beres, tiket beres, thanks to ibu Ilse.
Kemeja (baru) beres, thanks to mama :)

Take off Senin pagi dari Bandara Sam Ratulangi, naik Singa Udara. Ternyata yang dari Bapelkes adalah mamanya Rosye, dr Louis. Mantap :) Beliau berbagi pengalaman sebagai WI.

Bapelkes Makassar, atau yang namanya sekarang adalah BBPK Makassar, ternyata terletak di "tenga utang" (klo menurut bahasa kampung). Bangunan besar, dapat di Anggrek, dimana situasi dan bangunannya serupa dengan Bapelkes Manado.
Sekamar dengan pak Wahyu, WI dari Bapelkes Kendari.

Hari pertama, suasana langsung cair. Icebreaking dari MOT-nya mantap. Langsung perkenalan, walaupun sampai selesai kegiatan ada juga yang qta blum tau namanya, hahahahaha. Pretestnya hancurrrr, nyahahahahahaha.

Inti dari TOT ini adalah menyangkut Manajemen Puskesmas, mulai dari Perencanaan Tingkat Puskesmas, Lokmin, sampai Penilaian Kinerja Puskesmas.
Ceramah tanya jawab, diskusi kelompok, dan role playing.
Mendapat kesempatan melatih mengajar lewat microteaching. Mencoba menyajikan materi PTP :)
Selama mengikuti TOT, kagum juga dengan WI, dimana mereka sanggup mengajar dan mengatur suasana sampai hanya minimal yang mengantuk.
Mendapat banyak kenalan baru, baik di dinas dan Bapelkes di provinsi kawasan timur Indonesia.
Dapat sertifikat juga, yippieeee.





Jalan-jalan?
Ada dong.
Hari kedua sudah berani jalan-jalan, ke Mall Panakkukang. Besar euy. Walaupun awalnya hanya stuck di Matahari, tapi sempat jalan-jalan juga terputar-putar disitu :p Beli ole2 buat Vel, sebuah boneka mymelody :D
Jalan-jalan berikut itu hari Jumat, cuman ke jalan Sam Ratulangi, tempat alkes. Kesimpulan saat itu : Makassar lebih panas dibanding Manado.
Hari terakhir setelah check out, jalan-jalan ke Trans Studio dan ke Pantai Losari. Tapi cuman lewat, nyahahahahahaha. Cuman foto saja xD Singgah toko souvenir juga buat sedikit ole2 buat orang rumah dan orang kantor. Bawaan jadi lebih banyak. Pengalaman untuk perjalanan berikut, jangan bawa banyak2 baju. Apalagi bawa sepatu olahraga.



Pulang ke Manado dengan Lion malam, parahnya perjalanan pulang berat. Puji Tuhan karenaTuhan masih menyertai perjalanan pulang sehingga bisa landing dengan baik. Kalau tidak, riwayat Arthur Tooy hanya sampai malam itu. Naik taxi bandara ke rumah, luamayan juga 55ribu.
Ketemu anak istri dan keluarga adalah berkat tak terkira, thanks God :)